Sabtu, 09 November 2013

7 Kebiasaan Yang Menyebabkan Kanker

www.arrahmah.com
Kanker adalah penyakit diakibatkan oleh tidak normalnya pertumbuhan sel - sel jaringan tubuh, sehingga dapat tumbuh tidak terkendali dan menyebar ke bagian lainnya. Penyebab dari kanker berasal dari faktor keturunan dan lingkungan. Kanker dapat menimpa semua orang dari anak - anak sampai orang dewasa. Umumnya sebelum kanker meluas dan merusak jaringan lain penderita tidak menunjukkan gejala maupun keluhan dan jika tidak segera ditangani dan dirawat dapat menimbulkan kematian. Sebenarnya penyakit kanker dapat dicegah dan disembuhkan, pola hidup yang sehat dapat membantu menghindari penyakit kanker. Di bawah ini adalah 7 hal penyebab kanker :


1. Banyak makan makanan yang mengandung gula.
Gula adalah nutrisi bagi sel kanker, selain itu makanan yang manis mengandung banyak gula tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya penyebab kanker melainkan dapat menyebabkan obesitas. Makanan -makanan manis seperti soda,nasi,gula dan juga makanan yang berasal dari tepung.

2. Merokok
Sebagian dari masyarakat adalah seorang perokok aktif, bahkan paling besar ada pada kalangan remaja. Cara terbaik untuk mencegah kanker paru - paru adalah berhenti merokok dan tidak mulai untuk merokok. Bahkan orang yang tidak sengaja menghirup asap rokok, akan meningkatkan resiko kanker paru - paru. Jadi sayangilah diri Anda sendiri dan juga orang yang ada di sekitar Anda.

3. Radiasi
Efek radiasi seperti sinar ultraviolet yang berlebihan dan terpapar zat radioaktif akan berdampak buruk pada sel tubuh. Semakin banyak dosis yang mengenai tubuh kita semakin tinggi resiko kita terkena kanker.Untuk menghindari sinar ultraviolet berlebih bisa menggunakan krim pelindung kulit dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

4. Perilaku seks yang tidak sehat
Perilaku seks yang tidak sehat seperti berganti - ganti pasangan. Dapat menyebabkan tertularnya HPV yaitu penyakit menular seksual. Virus HPV adalah penyebab penyakit kanker pada rahim. Sampai saat ini HPV belum ada obatnya. Maka memelihara kesehatan alat reproduksi adalah salah satu cara untuk menghindari virus ini.

5. Stress
Tubuh dan pikiran yang terkena stress dapat menurunkan kekebalan tubuh. Sehingga perlawanan terhadap penyakit yang menimbulkan kanker tidak dapat diatasi oleh tubuh.Untuk mengurangi stress bisa berhenti sejenak untuk bersantai dari aktivitas yang menjemukan. Lakukanlah olahraga untuk melancarkan peredaran darah.

6. Makanan yang berbahan pengawet
Penggunaan natrium benzoat pada makanan yang berlebih akan menimbulkan resiko tejadinya kanker jika zat tersebut dikonsumsi terus - menerus. Tidak hanya pada makanan, minuman isotonik yang menggunakan natrium benzoate sebagai pengawet akan bereaksi dengan Vitamin C yang menghasikan benzen yang merupakan bahan polutan udara yang dapat menyebabkan kanker. Sehingga pilihlah makanan yang alami ataupun makanan yang menggunakan bahan pengawet alami.

7. Gemar daging panggang & asap
Daging bakar dan asap memang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat. Aroma dan rasa jika daging dipanggang membuat orang lebih suka daging yang dibakar. Tetapi penelitian menunjukkan jika ada zat karsinogen yang terbentuk karena daging yang dimasak ada suhu tinggi.




Title: 7 Kebiasaan Yang Menyebabkan Kanker; Written by Blog Saya; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar