Sabtu, 02 November 2013

Gunung Fuji

keikashirira.wordpress.com
Gunung Fuji dikenal oleh masyarakat jepang sebagai Fujiyama atau Fuji-san. Fuji berarti "api". Ia dapat juga berarti "tidak pernah mati " atau "tiada kematian". Yama dan san keduanya berarti "gunung". Gunung dengan tinggi 3.776 m ini dianggap suci oleh masyarakat Jepang. Gunung Fuji dikelilingi oleh 5 danau (Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, Shoji) dan hutan Aokigahara yang membalut kaki gunung Fuji. Semuanya kemudian menjadi bagian dari Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu yang dilindungi oleh pemerintah Jepang. 




Gunung Fuji terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya).

Menurut sejarah orang pertama yang mendaki gunung Fuji adalah seorang biksu yang tak dikenal pada tahun 663, jauh sebelum kamu lahir. Sedangkan orang asing pertama yang mendakinya adalah Sir Rutherford Alcock dari Inggris pada September 1860. Sekarang gunung Fuji sudah menjadi obyek wisata bagi masyarakat jepang maupun mancanegara.

jepang.panduanwisata.com

Tidak sedikit orang yang melakukan pendakian di gunung Fuji untuk berpetualang ataupun untuk berziarah. Orang - orang yang berziarah adalah penganut agama Shinto, sebuah sekte agama tertua di Jepang. Para peziarah Shinto mengenakan pakaian khusus waktu mendaki gunung. Mereka mengunakan tunik atau mantel putih dan memakai sandal jerami. Mereka membawa payung, pelindung sinar matahari, dan tongkat agar mudah mendaki dan mereka membaca doa.
ari3f.wordpress.com

Banyak orang menunggu bulan Juli dan Agustus untuk mendaki gunung ini. Pada bulan - bulan itu salju hilang kecuali di puncaknya. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam. Disepangjang jalan pendakian, para pendaki dapat beristirahat di gubuk-gubuk sambil makan dan minum. Kira - kira di bagian tengah gunung, terdapat apa yang disebut " garis batas langit & bumi ". Ini berarti selangkah lagi, para pendaki telah meninggalkan bumi menuju ke langit. Di puncak gunung terdapat kawah. Jangan kawatir menskipun Gunung Fuji dianggap masih aktif, tetapi kurang lebih 160 tahun gunung ini terlelap. Di puncak inilah , para pendaki menikmati waktu matahari terbit yang disebut juga "goraiko".

Ada satu kalimat terkenal di Jepang:
“Siapapun yang tidak mau mendaki gunung Fuji sekali adalah orang bodoh – tapi hanya orang bodoh yang mendakinya dua kali.”

Buktikan sendiri ya, hehe

Title: Gunung Fuji; Written by Blog Saya; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Artikel menarik.... Boleh saya berbagi article tentang Gunung Fuji di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/04/gunung-fuji-di-stasiun-ke-5.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/qOt2CxlZig8

    BalasHapus