Selasa, 04 Juni 2013

Meredakan rasa sakit pada leher yang terkilir dengan cepat

Anda mengalami masalah sakit di bagian leher seperti gambar di samping ( ini bukan wajah saya, saya nggak ganteng - ganteng banget , hehe) Beberapa hari yang lalu saya mengalaminya , sewaktu saya menjalankan kebiasaan saya yaitu meregangkan otot leher dengan menggerakkan leher sampai bunyi krek ( tahu kan maksud saya , hehe ), tiba - tiba leher saya sakit dan tidak bisa menoleh ke kiri ( wah , dalam hati saya " pasti ini cedera leher " hehe ) dan setelah browsing di dunia maya ( dengan leher yang kaku ) ternyata kebiasaan tersebut tak boleh dilakukan dan bisa menyebabkan bagian persendian cedera / terkilir.Disini saya akan membagikan pengalaman saya saat sakit leher dan Puji Tuhan sekarang sudah baikan. Selain hal diatas ada beberapa kondisi yang mungkin bisa menyebabkan sakit leher, seperti posisi tidur yang salah, posisi duduk yang tidak nyaman, dan bisa juga karena stress.

Setelah saya cari referensi di internet, banyak terdapat alternatif untuk terapi untuk sakit leher ini. Saya bagi saja kepada kalian agar tidak penasaran ( ketawa donk , hehe ).
  • Kompres dengan air hangat untuk membuat aliran darah dan syaraf - syaraf yang tegang/ terjepit bisa rileks sehingga bisa lebih cepat dalam penyembuhan.Serta oleskan juga minyak urut / oles untuk menghangatkan leher, tapi jangan diurut sembarangan, jika di dekat rumah ada ahli terapi / refleksi bisa berkonsultasi.

  • Lakukan meditasi selama 15 menit, hmm... memang pertama saya tidak percaya, tapi setelah saya melakukannya rasa sakit yang saya rasakan berkurang dan saya lebih tenang.

  • Saat tidur gunakanlah posisi yang tepat untuk leher, kenyamanan perlu diutamakan untuk memperoleh hasil yang baik & tidak tambah menyebabkan resiko cedera. Posisikan bantal senyaman mungkin ( pilih bantal yang lembut & nyaman , hehe ).

  • Dan cara yang terakhir adalah kalau dalam 4 hari belum sembuh / reda segera periksakan ke dokter tentang keluhan sakit leher Anda.

Selain itu, untuk kalian yang belum merasakan sakit leher sebaiknya jangan mencobanya ( ya pastilah .... swt'). Saya juga menyiapkan tips - tips yang bisa digunakan untuk mencegah sakit leher terjadi, informasi ini bisa di share ke teman atau kerabat kalian. 
  • Lakukan senam leher untuk menguatkan leher, caranya duduklah di kursi kemudian kepala menghadap lurus ke depan, kemudian tekan dahi anda ke telapak tangan ( yang normal saja ya, hehe ) tahan dengan telapak tangan anda. Lakukan 3 - 5 kali untuk meredakan ketegangan anda saat bekerja.

  • Latihan ringan untuk menguatkan bahu yaitu dengan Tempatkan telapak tangan Anda di tepi kursi dan tekan ke dalam tangan anda hingga pinggul dan bokong terangkat sekitar satu atau dua inchi ke udara. Tahan selama 5 detik, turunkan dan ulangi sebanyak 5 kali untuk menguatkan otot bahu. 


Mungkin suatu saat nanti saya akan menambahkan beberapa alternatif untuk mengobati maupun untuk mencegah leher anda mengalami sakit / terkilir. Semoga share dari saya bisa bermanfaat bagi kita semua.

terima kasih.

sumber : 

detik.com
healt.detik.com
Title: Meredakan rasa sakit pada leher yang terkilir dengan cepat ; Written by Blog Saya; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Itukan cara untuk meredakan nyerinya.. kalau sembuhin nya gimana pa? Karena kan kalau misal mau nengok ke kiri jadi sakit banget :'(

    BalasHapus