Minggu, 03 November 2013

Bagaimana Terjadinya Hujan?

Karena saat ini sudah memasuki musim hujan, sehingga setiap hari kita akan mengalami yang namanya hujan. Ingat kata pepatah dulu " Sedia payung sebelum hujan " tapi sekarang sudah ada yang namanya jas hujan dan juga kendaraan yang menghindarkan kita dari terpaan hujan, bukan berarti pepatah tersebut sudah kuno melainkan mengingatkan kita untuk mempersiapkah segalanya sebelum terjadi sesuatu.


Tahukan teman bagaimana hujan itu terjadi? Kalau belum tahu simak dulu gambar berikut :


www.beritaterhangat.net

Untuk penjelasan tentang hujan kita mulai dari asal air hujan dulu, kenapa bisa ada air di di langit? apa air yang begitu banyak itu, tidak jatuh ya? Hehe, ini adalah pikiran saya waktu masih kecil, namanya juga anak kecil pasti lucu ( stay cool ). Tapi setelah mendapat pendidikan dari guru Ilmu Pengetahuan Alam saya tahu tentang fenomena tersebut.
Air Hujan berasal dari air yang menguap karena panas matahari, air tersebut bisa dari sungai, laut, genangan air, bahkan bisa dari keringat kita. Setelah air tersebut menguap / evaporasi, uap tersebut berkumpul menjadi satu menjadi awan.  Awan tersebut terbawa angin dan saling berkumpul menjadi awan yang besar. Saat awan tersebut berkumpul di daerah yang suhunya rendah, akhirnya awan tersebut menjadi gumpalan butiran es dan air. Dan karena terlalu berat dan tidak mampu lagi ditopang angin akhirnya butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi (presipitasi). Jika suhunya sangat rendah, maka akan turun tetap menjadi salju.

Nah ... begitulah bagaimana hujan itu terjadi, dengan memanfaatkan hujan dengan benar maka tidak ada yang dirugikan. Karena apa yang dilakukan manusia itu sebenarnya merubah alam dengan teknologinya. Seringkali manusia mengeluh tentang banjir, kadang juga manusia mengeluh karena kekeringan.  Semoga kita dapat memanfaatkan air hujan dengan bijak, kerjasama dengan alam tidak ada salahnya. Trims.

Title: Bagaimana Terjadinya Hujan?; Written by Blog Saya; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar