Jumat, 08 November 2013

Apa Itu Kleptomania?

femishine.blogspot.com
Hallo sahabat blogger, apakah kalian tahu tentang kleptomania, kalau belum tahu silahkan baca artikel ini. Pernahkah kalian mendengar atau melihat bahwa orang yang sebenarnya kaya raya, tertangkap mencuri sesuatu di pusat perbelanjaan, dan barang yang dicuri bisa dibelinya dengan mudah. Sebenarnya "Kleptomania" adalah sebuah penyakit dimana penderita tidak bisa menahan keinginan untuk mencuri. Jadi dorongan untuk mencuri lebih besar dari pada untuk menahannya sehingga  melakukannnya. Penderita penyakit ini sebaiknya jangan dijauhi, melainkan sebisa mungkin kita sebagai teman atau saudara memperhatikan penderita supaya keadaannya tidak semakin parah dan ada kemungkinan untuk bisa dikendalikan.

Penderita kleptomania bisa terjadi pada anak - anak sampai orang dewasa, dari berbagai profesi mulai dari pelajar, artis, maupun presiden. Beberapa orang ternama yang diberitakan media karena kasus ini yaitu Katy Pery yang selalu mengutil barang di hotel tembatnya menginap, Jenifer Capriati seorang petenis yang ketahuan mencuri sebuah cincin di pusat perbelanjaan, dan juga Bai Ling aktris Hollywood yang membintangi film The Crow yang juga ketahuan mencuri majalah dan baterai.
Penderita kleptomania biasanya mencuri di pusat - pusat perbelanjaan. Barang - barang yang dicuri sebenarnya bisa dibeli dan tidak dibutuhkan, tetapi karena ada dorongan untuk mencuri sehingga penderita tidak bisa mengontrol tindakannya tersebut. Barang - barang tersebut seperti sikat gigi, permen, asbak, sisir, baterai, dll.
hariansumutpos.com
Penyakit kleptomania muncul karena berbagai sebab antara lain memiliki kelainan jiwa, Bulimina Nervosa, paranoid, schizoid, atau borderline personality disorder, bahkan cedera trauma otak dan keracunan karbon monoksida. Menurut ahli diduga ada hubungan dengan zat kimia dalam otak yang disebut serotonin. Zat ini berfungsi untuk mengatur mood dan juga emosi seseorang dan juga menghasilkan dopamine yang membuat rasa bahagia, sehingga orang tersebut melakukannya lagi dan lagi.
Penderita biasanya merasakan sensasi tegang dan mendapat kenikmatan atau kelegaan setelah melakukan tindakan mencuri tersebut. Tindakan mencuri ini tidak didasari oleh motivasi keuntungan dan tidak direncanakan sebelumnya. Walaupun tindakan ini didasari oleh gangguan jiwa tidak menutup kemungkinan penderita kleptomania tidak bisa dihukum, tentunya keputusan berada di tangan hakim dan disertai pendapat dokter ahli. Untuk pencegahan bisa dilakukan sedini mungkin karena kleptomania bisa berlangsung seumur hidup. Para orang tua yang mengetahui gejala tersebut terjadi pada anak mereka segera bangun komunikasi yang tidak membuat anak tersebut semakin terkucil, kalau perlu bisa membawanya ke ahli psikolog atau ahli terapi untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk penderita.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kleptomania
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt51cd8abd596e6/apakah-seorang-kleptomania-dapat-dihukum
http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/04/14/kleptomania-dari-artis-sampai-presiden-356607.html
http://sumutpos.co/2013/10/66896/cegah-kleptomania-pada-anak-sejak-dini
http://femishine.blogspot.com/2012/12/girls-that-steal-article-on-kleptomania.html
Title: Apa Itu Kleptomania?; Written by Blog Saya; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar